Kamis, 16 Agustus 2018

CARA TERMUDAH MENGHILANGKAN BAU APEK DAGING KAMBING



Sebentar lagi musim kurban lebaran haji atau lebaran idul adha, apa saja yang bersangkutan dengan lebaran ini? Banyak sekali jka di kaitkan dengan lebaran haji, mulai dari ibadah haji, air zamzam, moment kurban, dan masih banyak lagi. Akan tetapi kali ini kita akan membahas dengan daging kurban yang memang lebaran ini sangat meriah dengan acra penyembelihan kurban.


Yang akan kita bahas adalah gading kambing yang bau apek, kita akan memberi Tips Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Termudah, Siapa di antara anda yang menyukai daging kambing tetapi tidak suka dengan baunya yang sangat apek dan menyengat? Mungkin pertanyaan tersebut pasti terjadi di semua kalangan, daging kambing akan tetap berbau apek walau di masak berkali-kali. Bau Apek daging kambing disebabkan oleh feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama kambing jantan. Jadi kenapa setiap lebaran bau apek menyengat? yaaahh karena bau Apek ini hanya terjadi pada kambing jantan, dan yang di sembelih juga jantan...

Tapi perlu anda ketahui bahwa Daging kambing memiliki sangat banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, kecuali anda memiliki penyakit darah tinggi dan stroke. Daging kambing mempunyai bau yang khas dan cenderung bikin mual bagi yang tidak suka dengan bau apek dari daging kambing ini, yaitu bau apek dan sangat prengus. Namun ada banyak cara yang demikian bisa anda untuk menyiasatinya agar daging kambing yang anda konsumsi bebas dari bau apek.

Pada kesempatan ini di postingan ini sengaja kami bahas karena akan ada pesta daging kurban dan kami akan berbagi tips mengenai cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau prengus daging kambing :

1. Saat memotong daging kambing
Saat anda memotong daging kambing. Bau prengus pada kambing bersumber dari tanduk kambing. Jadi jika tangan anda telah memegang tanduk kambing saat menyembelihnya, maka jangan gunakan tangan yang sama untuk memotong daging kambing yang akan dimasak. Aneh tapi nyata bukan?

2. Saat aging
Daging kambing yang baru disembelih akan terasa alot jika langsung dimasak. baik kambing yang masih muda maupun tua tetep saja akan terasa alot jika anda lansung memasaknya. Untuk itu sebaiknya anda menggantung kambing yang telah dikuliti dengan posisi kepala terbalik/ Kaki kambing di ikat di baian atas aar darah juga cepat mengalir dan habis. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa darah dalam tubuh kambing. Untuk hasil yang maksimal gantunglah kambing tersebut selama 24 jam.

3. Simpan di freezer
Cara lainnya adalah dengan memasukkan daging kambing ke dalam pendingin / freezer selama semalam dengan suhu 4 derajat celcius dan dibungkus dengan kain bersih, agar bau dari apek terebut terserap dalam pakaian, dan suhu pendingin dari freezer juga memang 100% dapat menghilangkan bau.

4. Dengan mentimun
Ketimun bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing, dan cara ini cukup sangat efektif. Caranya dengan meremas-remas daging kambing yang sudah dipotong lalu dicampuri dengan beberapa iris mentimun. atau denan potongan kecil2 sama seperti saat anda akan membuat acar, Lakukan cara ini selama beberapa menit agar getah mentimun meresap dalam daging kambing dan menghilangkan bau prengusnya. Cara ini tidak mengurangi cita rasa daging kambing yang khas, justru dengan ini cita rasa makanan bertabah kaya rasa.

5. Gunakan sedikit air
Banyak orang yang mengatakan bahwa mencuci daging kambing dengan air akan menambah bau prengusnya. Sebenarnya ini tidak salah, namun yang paling benar adalah jika mencuci daging kambing maka harus segera dikeringkan dengan handuk atau kain yang meresap. Ingat, jangan mencuci kambing jika belum akan diolah. Cucilah daging kambing jika akan segera diolah.

6. Dicampur dengan bumbu dapur
Bumbu-bumbu dapur yang dimaksud di sini antara lain jahe, kunyit, kapulaga, sere, salam, dan lengkuas. Haluskanlah terlebih dahulu bumbu-bumbu tersebut sebelum dicampur dengan daging kambing. Kemudian rebuslah daging kambing bersama dengan campuran bumbu-bumbu tersebut sampai empuk. Cara ini dipercaya dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

7. Campuran lain
Selain cara di atas anda juga bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing dengan cara-cara berikut ini :

Rebus 1 kilogram daging kambing dengan dimasukkan bersama bubuk kare sekitar 10 gram.
Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya.
Rebus 1 liter air, setelah mendidih masukkan 1 kilogram daging kambing dan 50 gram cuka kemudian tiriskan.
Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan kacang hijau sebanyak 5 gram. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut.
Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan dimasukkan 200 gram tebu yang sudah dipotong-potong. Rebus kurang lebih selama setengah jam.

Cara-cara di atas bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau menyengat pada daging kambing apalagi musim kurban seperti sekarang ini, disesuaikan dengan ketersediaan perlengkapan anda. Nikmatilah daging kambing dengan aneka masakan tanpa bau prengus. Selamat mencoba.
Disqus Comments