Senin, 25 Mei 2015

Apa itu fbcdn.net Di Facebook URL?



Ketika Anda melihat dan membuka gambar apa pun di Facebook dibuka di jendela yang sama, URL facebook hanya standart facebook.com. Benar kan?

Tetapi ketika Anda membukanya di tab baru ( Klik Kanan -> Buka Gambar Di Tab Baru ), Anda akan melihat fbcdn.net di bilah URL Anda.

Jadi apa itu fbcdn.net ? Mengapa facebook menggunakan nama domain lain untuk foto mereka? Apa Anda sudah tahu, atau ada memang tidak sadar atau tak ingin tahu??


Foto-foto yang Anda unggah ke facebook, sebenarnya sedang atau sudah diunggah ke fbcdn.net . Sekarang pertanyaannya muncul, Apa fbcdn.net dan Mengapa foto Anda di-host di fbcdn.net ?

Apa itu fbcdn.net?

Di sini facebook sebenarnya menggunakan Akamai Technologies CDN (Content Delivery Network). Jadi ini adalah jawaban akhir Anda jika Anda tahu apa itu CND dan bagaimana cara kerjanya??

Apa itu CDN?

Menurut Wikipedia - "Jaringan pengiriman konten atau jaringan distribusi konten (CDN) adalah sistem terdistribusi yang besar dari server yang ditempatkan di beberapa pusat data di Internet. Tujuan dari CDN adalah untuk menyajikan konten kepada pengguna akhir dengan ketersediaan tinggi dan kinerja tinggi".

Jadi hanya CDN (jaringan pengiriman konten) akan menerima data Anda dan letakkan di beberapa server yang berbeda di seluruh dunia. Ini membuat konten tertentu dimuat lebih cepat bagi siapa saja yang ingin mengaksesnya. Ini karena konten akan dikirim ke pengguna akhir dari server terdekat yang mungkin memegang konten anda.

Mengapa Foto Facebook Diunggah Ke fbcdn.net?Akamai memiliki beberapa jaringan CDN, di mana fbcdn.net adalah salah satu CDN. Facebook adalah jaringan besar dan harus menyampaikan konten dengan kecepatan yang lebih cepat untuk setiap pengguna. Dan untuk melakukannya, ia membutuhkan CDN.

Facebook menggunakan fbcdn.net sebagai CDN. Inilah mengapa foto Anda diunggah ke fbcdn dan bukan ke facebook. Jadi, setiap kali Anda meminta untuk melihat foto di facebook, permintaan Anda sebenarnya dikirim ke server Akamai terdekat. Server ini mengembalikan foto yang diminta. Dan karena kemungkinan server terdekatnya, Anda akan mendapatkan foto yang diminta dengan jeda waktu minimum.

Facebook juga menggunakan Akamaihd.net dan mungkin beberapa URL lain juga. Dan akan saya bahas di postingan selanjutnya.
Disqus Comments