Selasa, 02 April 2019

Teknik SEO Dasar Yang Harus Diketahui Blogger



Teknik SEO Dasar Yang Harus Diketahui Blogger: Zaman sekarang bergelut Sebagai seorang blogger mungkin akan terasa sangat percuma jika tanpa ilmu SEO walaupun hanya dasarnya saja, Seperti beberapa contoh artikel di blog ini dulu yang berjumlah sekitar 30 lebih artikel yang saya tulis tanpa dasar SEO maupun teknik dan di tulis hanya dengan beberapa kata saja, alhasil "Zonk tanpa ada visitor selain saya sendiri". Setelah lama saya mencoba sedikit belajar di grub-grub blogger, ternyata tanpa SEO Dasar untuk blogger serasa percuma kita punya blog dan SEO dasar untuk blogger yang harus di ketahui adalah wajib kita punya walau hanya SEO dasar saja, itulah sebabnya pengunjung blog sangat sepi bahkan bisa di bilang seperti kuburan karena tanpa SEO situs kita akan sangat mustahil ada pengungjung agar ramai, memakai SEO saja belum tentu bisa mendapatkan banyak pengunjung karena banyak pakar SEO yang berlomba juga menarik perhatian si google, maka dari itu sedikitlah kita belajar SEO walau hanya DASAR DASAR SEO nya saja.

Tahukah anda apa itu SEO?
Bagaimana cara mempelajari SEO?
Search Engine Optimization atau SEO adalah kaedah optimasi blog dengan mentargetkan mesin pencari sebagai sumber trafik. Seperti yang sudah sering disinggung pada sejumpah artikel tentang tips-trik blog ini, di artikel sebelumnya saya juga menulis Cara meriset kata kunci menggunakan LSI keyword dan artikel itu membahas sedikit bagian dari SEO dan sedikit tips untuk pemula tentang dasar SEO, dan masih banyak tentang ilmu yanh perlu kita pelajari dan tahukah anda bahwa SEO secara garis besarnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu SEO on-page dan SEO off-page.

Baik SEO on-page maupun SEO off-page, keduanya sama-sama diperlukan. Dan dalam menerapkan teknik SEO hal yang harus dihindari adalah teknik SEO yang bermuatan spam. Search engine sangat membenci blog yang dikembangkan dengan cara-cara yang bermuatan spamming, terutama Google adalah sangat sensitif dengan situs spam sehingga Anda harus benar-benar menghindarinya.

Pada artikel ini kita akan berbagi pengetahuan tentang teknik-teknik dasar SEO yang harus diketahui oleh seorang blogger pemula termasuk saya sendiri khususnya.


Apa saja teknik-teknik dasar SEO yang harus diterapkan pada blog?


Menggunakan template yang bagus

Template merupakan kerangka atau wadah yang membungkus semua isi blog Anda. Jika Anda menggunakan template yang tidak bagus atau kurang SEO friendly, maka hal ini bisa berimbas pada tidak maksimalnya pengunjung blog anda.

Template yang bagus itu seperti apa?

Ciri #1 - Ringan
Ciri utama template blog yang baik adalah harus ringan, kita tau bahwa loading speed atau kecepatan akses sebuah situs atau blog dapat meningkatkan SEO blog yang anda kelola, dan kita tau bahwa google sudah melibatkan loading speed sebagai bagian dari 200+ Google rangking faktor.

Itu artinya ringannya loading halaman situs dapat memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan rangking hasil dalam pencarian mesin pencari, tentu dengan memiliki template blog yang sangat ringan maka SEO juga akan lebih baik.

Ciri #2 - Mendukung SEO Friendly
Ciri utama yang ke 2 adalah template harus seo friendly, apa itu template seo friendly, template seo friendly adalah template yang ramah terhadap mesin pencari artinya struktur template sudah dibuat sedimikian rupa sehingga memiliki unsur-unsur yang akan disukai oleh mesin pencari, baik yahoo, google, yandex maupun bing.

Bagaimana saya tau bahwa template yang saya gunakan sudah seo friendly?
Untuk melihat dan mengetahu bahwa template yang anda gunakan sudah seo friendly maka anda bisa menggunakan tool khusus untuk mengeceknya.

Salah satu tool yang bisa anda gunakan adalah tool chkme, silahkan anda buka http://chkme.com/page-seo-tools

Ciri #3 - Template Harus Responsive
Ciri yang ketiga adalah upayakan untuk memilih template blog yang responsive, apa itu template responsive?, template responsive adalah template dimana tampilan halamannya akan selalu menyesuaikan dengan ukuran layar yang menggunakannya tanpa harus menggeser (scroll) ke kiri dan ke kanan.

Jika di lihat di layar smartphone, maka tampilan akan menyesuaikan, jika dilihat di monitor komputer tampilan juga akan menyesuaikan, intinya, text yang ditampilkan akan bisa dibaca dengan baik, dan pengguna tidak harus melakukan scrolling layar ke kiri dan ke kanan.
Bagaimana saya tau bahwa template sudah responsive?

Untuk mengetahui template responsive atau tidak anda bisa menggunakan tool khusus, silahkan anda buka http://www.responsinator.com/ kemudian silahkan anda masukan alamat url blog anda

Ciri #4 - Memiliki Struktur data (schema markup) yang baik.
Struktur data schema markup adalah kode khusus yang disisipkan pada kode html template blog, tujuannya adalah agar mesin pencari lebih mudah memahami kandungan setiap text yang terdapat di halaman blog.

blog yang memiliki struktur data yang baik adalah blog yang bukan hanya struktur data schema markupnya tidak error atau tidak salah, tetapi blog tersebut harus mampu menggunakan schema markup yang tepat untuk jenis blognya.

Untuk melihat apakah struktur schema markup pada template blog apakah sudah baik, anda bisa menggunakan tool yang disediakan oleh google yaitu struktur data testing tool, silahkan buka https://search.google.com/structured-data/testing-tool kemudian silahkan anda jalankan test markup template anda dengan cara memasukkan alamat situs anda.

SEO dengan Teknik menulis artikel.


Pernahkah kita sebagai pemula asal menulis saja seperti saya ini? Saya selalu menulis hanya dengan keinginan sekedar menulis tanpa tulisan SEO untuk sebuah postingan, jadi saya memaklumi kalau visitor di situs saya ini tidak banyak perharinya, karena penulisan saya ini tidak memakai teknik SEO dalam menulis artikel.

Artikel memang dapat dibuat semau kita, sesuka kita. Namun, untuk menjadikan artikel yang kita tulis bisa bermuatan SEO, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting agar artikel tersebut masuk dalam kategori artikel SEO friendly. Artikel yang SEO friendly dapat ditulis dengan teknik penulisan yang SEO friendly. Seperti apa penulisan atau membuat postingan atau artikel SEO berkualitas? Silahkan baca di postingan yang pernah saya tulis yaitu: Cara membuat artikel SEO dan berkualitas yang benar.

Membangun backlink secara natural

Sebelumnya kita pasti telah dengar apa itu baclink, kadang blogger pemula yang baru membuat artikel berapa biji dan kemudian sepi blognya, tiba2 mendengar backlink sebagai teknik penunjang visitor dan dengan cepat mencari di google bagaimana cara mendapatkan backlink dan sebagainya.

Mendapatkan backlink yang berkualitas adalah sebuah hal konyol jika anda baru memulai membuat blog, tidak akan ada situs yang membicarakan situs anda dan menanamnya sebagai backlink jika artikel anda tidak berkualitas sama sekali, apalagi jika anda membuat blog dengan artikel yang rata-rata sama isi pembahasannya seperti tutorial blogger dan SEO, udah tak jamin sulit memdapatkan backlink karena banyak situs yang membahas tentang ilmu itu, dan saingan anda itu adalah situs-situs lama dan besar seperti sugeng.id, panduanim.com , yang mana usia situs mereka sudah sangat lama dan juga ilmu mereka udah di atas rata-rat.

Backlink adalah salah satu modal terpenting untuk mengembangkan blog. Anda bisa memperhatikan blog-blog yang trafiknya tinggi, pasti blog-blog tersebut sudah memiliki banyak backlink. Namun, teknik membangun backlink yang benar harus diprioritaskan, karena menumpuk backlink dengan metode yang salah hanya akan mengubur blog Anda dari SERPs.

Frekuensi update artikel
Jika Anda ingin blog yang Anda ciptakan dapat dikunjungi oleh banyak orang, pastikan Anda menjaga frekuensi update artikel. Lakukan posting secara teratur dan terjadwal, karena hal ini akan sangat menentukan untuk proses pengembangan blog Anda.

Jangan seperti saya, saya itu adalah orang yang baru beberapa bulan ngeblog tapi dengan tiba-tiba udah malas bikin artikel, inilah salah satu kesalahan bagi blogger pemula. Kita bisa mengalahkan para master yang malas update dengan cara kita terus berkembang kita terus update artikel jangan malas seperti saya, dengan cara itu adalah menjadi suatu nilai tersendiri agar situs anda menjadi rame dan semakin SEO walau hanya dasar-dasar seo saja yang kita ketahui.

Sebelum memulai tahap di atas yaitu seperti template, artikel, backlink, dari sekian yang saya sebutkan di atas, terlebih dahulu settinglah SEO dasarnya pada dashbor blogger anda, sebab itu sangat penting sebagai awal dan pondasi utama blog anda.

Seperti apa saja settingan SEO dasar yang ada di dashbor blogger?

Dasar-dasar SEO di settingan menu dashbor blogger sudah sangat terlihat jelas dan semua blogger pasti sangat paham.

Pertama:
Masuk ke menu blogger, lalu klik pengaturan atau gambar gerigi. Sesudah itu masuk ke dasar, berilah judul blog anda seunik mungkin akan tetapi yanh singkat atau berilah judul dengam nama domain situs anda.

Kedua:
Masuk ke desrikpsi blog, deskripsi adalah keterangan dari blog anda, tentang apa saja blog yang akan anda bahas.

Ketiga:
Setting SSL dari blogger, karena dengan SSL situs anda akan terlihat aman sehingga visitor atau pengunjung akan merasa aman saat mengunjungi situs anda, bukan hanya itu saja akan tetapi google juga sangat menyukai situs-situs yang di buat aman untuk para calon pengunjung.

Keempat:
Masuk ke Deskripsi penelusuran.
Disini akan ada banyak SEO Dasar terpenting dalam sebuah blog, disinilah pondasi utama letak dari sebuah blogger untuk dasar SEO.

Isi deskripsi penelusuran dengan kata kunci atau keyword yang anda bidik di google pencarian, sehingga jika orang mencari keyword bisa menuju ke blog anda jika kata kuncinya sesuai dengan deskripsi bidikan anda.

Dan jangan lupa Deskripsi ini anda masukkan juga ke dalam template anda yang letaknya ada di Meta tag SEO di dalam keyword template blogger.

Kelima:
Setting search console atau webmaster dengan mengekliknya via menu di atas robot.txt. atau anda bisa menyetingnya di webmaster langsung melalui webmaster situs aslinya.

Keenam:
Setting robots.txt anda secara defaul atau sesuai yang anda inginkan, akan tetapi hati-hati dalam mengatur settingan ini karena bisa jadi situs anda malah di abaikan oleh google, untuk settingan robots.txt di blog ini saya meniru dari blog master blogger indonesia kompiajaib.com , untuk melihat settingan setiap blog blogger anda cukup menambahkan /robots.txt untuk melihatnya. Contoh punya saya Gapura.net/robots.txt dan ini bisa anda copy jika anda ingin menggunakannya untuk situs blog anda.

Ketujuh:
Settingan tag tajuk robot khusus:
Disini anda juga harus menyetingnya secara hati-hati, para master blogger menyettingnya dengan cara mereka sendiri, akan tetapi saya memakai settingan di tag ini dengan sangat simpel saja seperti di bawah ini.


Terakir:
Untuk ads txt ini jangan di apa-apakan jika situs anda belum ada adsensenya, ini tidak mempengaruhi SEO akan tetapi ini untuk mengatasi tentang akun adsense anda, jika blog anda sudah beradsense silahkan di setting, karena akan lebih baik di setting dari pada tidak.

Lalu bagaimana cara menyetting ads.txt ini? Untuk menyetting ads.txt ini silahkan anda baca postingan saya https://www.gapura.net/2019/02/setting-ads.txt.html

Kesimpulan


Dari sedikit kata-kata yang saya tulis di atas itu sebenarnya intinya adalah satu, yaitu kita tidak boleh malas dalam belajar agar menjadi seorang blogger yang hebat, awal mula memang kita harus mengetahui dan mencari tau teknik dasar apa saja yang perlu kita gunakan dalam membangun sebuah blog, sedikit dari dasarnya di atas sudah saya jelaskan, tanpa teknik dasar-dasar SEO mustahil blog kita akan masuk dalam pencarian google. Jadi dalam hal ini kita harus terus belajar dan terus memperbaiki agar sukses dalam dunia blogging.

Silahkan berkomentar jika ada yang kurang, silahkan bagi master-master yang nyasar kesini untuk menambahkan sedikit coretan saya ini. Terima kasih

Sekian.
Disqus Comments