Senin, 25 Februari 2019

Cara setting SEO sitemap di blogger yang benar



Sitemap bisa diumpamakan sebagai sebuah peta dari seluruh data dari situs web atau blog yang kita kelola, maka dari itu kali ini saya akan memberikan Cara setting sitemap yang benar menurut saya pribadi dan Cara setting SEO sitemap di blogger ini saya terapkan di blog saya ini, sitemap ini berbeda dengan archive. Dengan menggunakan sitemap blog akan semakin mudah untuk dicari oleh search engine google atau juga mesin perayap lainnya seperti bing, lalu bagaimana Cara setting SEO sitemap di blogger yang benar, sebelum ke pokok bahasan Cara setting SEO sitemap di blogger yang benar saya akan menerangkan beberapa penjelasan di bawah ini.

Sitemap yang paling sederhana adalah sitemap yang berupa file XML (seperti yang di terapkan para blogger mastah pada umumnya) sitemap ialah data yang berisi dengan daftar URL/alamat dari sebuah Blog (Metadata), Metadata tersebut bervariasi sesuai blog yang menggunakan sitemap . Metadata adalah data mengenai data yang menerangkan mengenai data data yang berada diblog anda yang anda kelola itu, satu contohnya kapan pertama kali anda posting artikel, terakhir kali posting artikel pula, dan lain lain, dan semua yang ada di blog anda semua tercantum kecuali anda mengsetting beberapa yang tidak ingin anda publikasikan (Disallow:*) di robots.txt. Metadata ini berguna untuk membantu mesin pencari sehingga lebih mudah mencari dan menge-crawl blog.

Sitemap Blogger.


Sitemap adalah data-data link situs web anda dan mengijinkan mesin pencari yang mensupport Sitemap dalam menjelajahi semua URL yang sudah tercantum di dalamnya, lalu menganalisis masing- masing URL tersebut dengan menggunakan metadata. Dengan Memasang Sitemap, Blog anda akan lebih cepat terindex oleh mesin pencari, Ini juga termasuk teknik penerapkan SEO pada blog, untuk cara setting sitemap di blogger agar SEO itu sangat di haruskan, kecuali anda membuat blog pribadi yang rahasia menurut anda.

Fungsi dari sebuah Sitemap ada beberapa fungsi yang sangat lah bermanfaat sekali , yaitu fungsi sitemap yang paling umum adalah agar mudah terindex oleh Mesin Pencari. Walaupun fungsi sitemap banyak tetapi saya akan menjelaskan fungsi umumnya saja.

Mudah terindex Mesin Pencari

Fungsi sitemap yang paling umum adalah Mudah terindex Mesin Pencari, jadi kita ambil contoh dari mesin pencari yang paling banyak dipakai di Indonesia ialah Google , jadi robot Google mudah untuk menjelajahi blog yang menggunakan Sitemap. Sehingga Blog anda lebih mudah terindex oleh mesin pencari.

Jika Blog anda mudah terindex oleh mesin pencari berarti blog anda tidak menutup kemungkinan untuk bersaing pada halaman pertama . jika blog anda berada dihalaman pertama itu mempunyai pengaruh yang luar biasa dari segi apapun. Contohnya Visitors akan naik , Rangking alexa Naik , dan Blog terkenal.

Cara membuat sitemap di Blog Dan Webmaster



Ada 2 cara memasang sitemap untuk SEO blogger anda:

Pertama: sitemap.html pada blog.
Kedua: Sitemap di Webmaster /sitemap.xml

Berbeda dengan Sitemap.html di blog, ini menurut saya tidak terlalu menjurus ke SEO, akan tetapi untuk menyediakan pengunjung agar mudang mencari artikel tanpa terlalu banyak scrool. Sitemap.html yang bagus ialah sitemap yang Simple script nya banyak bertebaran di google yang non-AMP, Karena pengunjung lebih cenderung menyukai hal hal yang berbau Simple, jadi sebaiknya anda mencari Sitemap yang tampilannya tidak terlalu ribet seperti yang saya terapkan di blog ini. Blog ini mempunyai Sitemap yang simple buatan master blogger @Kompiajaib.com yang mana memang sitemap ini sangat-sangat simpel dan sangat ringan, karena faktor template juga mempengaruhi.

Sudah tahu bagaimana cara memilih sitemap yang bagus yang cocok untuk blog anda? Sitemap tersebut terdiri dari 2 jenis, yaitu untuk AMP dan Non-Amp, kalau blog saya ini memakai AMP jadi tambah ringan kalau memakai AMP.

cara membuat sitemap.html di blogger (sitemap 1)

1. Login ke blogger.com
2. Masuk Dashaboard
3. Lalu Pilih Laman
4. Sesudah itu klik laman baru
5. Setelah itu klik HTML disamping Compose
6. Masukan Script sitemap anda dan publikasikan, jangan lupa masukkan link blog anda ke sitemap tadi.

Setelah itu coba cek sitemap.html anda apakah bagus dan simple yang kira-kira membuat pengunjung betah atau tidak.

Cara setting SEO untuk Sitemap via Google Webmaster.

Jangan pernah memandang remeh dengan sitemap.xml, Karena blog kita tidak akan pernah muncul di google kalau kita tidak memberikan akses kepada google untuk menelusuri isi dari semua blog kita, untuk itu agar blog kita di telusuri google dan juga bermanfaat buat orang lain maka kita wajib memberikan akses kepada google untuk menjelajahi blog kita dengan kita memberikan data kita lewat sitemap.

1. Masuk ke google.com/webmasters
2. Klik menu dari sitemap/peta situs
3. Masukkan "sitemap.xml" tanpa tanda kutip.

Naaahh dengan seperti itulah blog kita akan di jelajahi oleh google dan juga akan berdampak baik pada blog kita yang mana blog itu kita buat untuk berbagi.

Sitemap termasuk kedalam teknik SEO jadi Sitemap sangat bagus untuk perkembangan Blog anda. Fungsi Sitemap yang luar biasa Jika visitors naik pada umumnnya pendapatan pun ikut naik , apalagi jika anda memakai PPC Google Adsense sudah pasti anda akan mendapatkan earning yang lumayan besar karena iklan PPC Google Adsense menampilkan iklan yang relevan, contohnya anda membuat konten tentang Smartphone iklan dari Google Adsense pun menampilkan iklan yang berkaitan dengan smartphone tentu 50 % pengunjung anda akan menclick iklan tersebut, ditambah lagi jika blog berada di halaman pertama akan mendapatkan pengunjung yang jumlahnnya juga besar, yang pasti pendapatan anda akan bertambah drastis.

Sitemap blogger SEO


Itu fungsi umum dari Sitemap. Dan kedua sitemap di blog dan di webmaster itu keduanya bebarengan mendorong kualitas seo di blog, walau sebenarnya SEO yang sesungguh adalah terdapat pada sebuah konten (artikel) pada blog anda. Lalu apakah anda tertarik? jika anda ingin mempunyai pengunjung yang banyak dan earning yang besar sebaiknnya anda memasangkan SEO sitemap pada blog anda, Maka jika ia saya sarankan bukan hanya SEO pada blog saja, akan tetapi pada sebuah artikel dan juga SEO off page (backlink).


Itulah cara membuat Sitemap sederhana yang mungkin sebaiknnya saya berikan saran kepada anda gunakan lah sitemap diatas karena jika anda salah menggunakan sitemap berbahaya bagi blog anda akan tetapi ini hanya saran saya saja.
Disqus Comments