Senin, 25 Mei 2015

Apa itu akamaihd.net di Tautan Facebook??



Sebelum memulai, saya ingin Anda melakukan praktek sederhana ini, agar benar2 tau apa yang saya tulis disini.

Buka akun facebook Anda, periksa gambar apa aja seperti foto profil, gambar berita di beranda atau thumbnail apa saja. Klik kanan pada gambar dan Klik 'Buka gambar di tab baru' (Saya Sarankan Anda menggunakan Google Chrome).

Setelah Anda membuka gambar di tab baru, periksa bilah url/alamat .
Anda akan melihat link tautan seperti ini:

Sebelumnya saya kemarin posting artikel yang fungsinya sama, Ini linknya: https://mr-ingsun.blogspot.com/2015/05/apa-itu-fbcdnnet-di-facebook-url.html

fbcdn.net dan akamaihd.net itu proses dan fungsinya sama hanya saja beda Domain.

hubungan antara akamaihd dan facebook, Perhatikan domain akamaihd.net di URL. Jadi gambar yang Anda temukan di facebook sebenarnya di-host di akamaihd.net. Apakah anda sadar mbah? Mungkin tidak to? jika Anda tidak mengerti coba simak aja di bawah ya?

Biar saya jelaskan, Foto-foto yang Anda unggah ke facebook, sebenarnya sedang diunggah ke akamaihd.net. Sekarang pertanyaannya adalah, Apa itu akamaihd.net dan Mengapa foto Anda di-host di akamaihd.net?

Apa itu akamaihd.net?

Akamai Technologies sebenarnya adalah CDN, di mana CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network . Ini menjawab hampir semua hal jika Anda tahu cara kerja CDN. Kami akan membahas tentang CDN di posting ini, tapi pertama-tama mari kita lihat fakta menarik tentang Akamai.

Akamai diucapkan sebagai Acme . Apakah itu terdengar asing bagi Anda? Pasti asing to, kan belom ngerti. haha

Acme adalah perusahaan fiktif di Roadrunner Kartun. Ini digunakan untuk menyediakan beberapa produk dalam berbagai seri kartun.


Apa itu CDN?

CDN (jaringan pengiriman konten) akan menerima data Anda dan menempatkannya di beberapa server yang berbeda di seluruh dunia. Ini membuat konten tertentu dimuat lebih cepat bagi siapa saja yang ingin mengaksesnya. Ini karena konten akan dikirim ke pengguna akhir dari server terdekat yang mungkin memegang konten anda contoh kayak foto.

Tanpa CDN, konten hanya akan berada di satu server. Dan dengan demikian pengguna yang dekat dengan server dapat mengakses konten lebih cepat daripada pengguna yang jauh dari itu .

Misalnya, Jika konten saya berada di server di India. Maka pengguna di Asia akan memiliki latensi yang lebih baik (lebih sedikit waktu loading) dibandingkan dengan pengguna dari Amerika, Eropa atau Australia.

Mengapa foto facebook diunggah ke Akamaihd.net?

Akamai memiliki beberapa jaringan CDN, di mana akamaihd.net adalah salah satu CDN. Facebook adalah jaringan besar dan harus mengirim data dengan kecepatan lebih cepat ke setiap pengguna. Dan untuk melakukannya, ia membutuhkan CDN.

Facebook menggunakan akamaihd.net sebagai CDN. Inilah mengapa foto Anda diunggah ke akamaihd dan bukan ke facebook. Jadi setiap kali Anda meminta untuk melihat foto di facebook, permintaan Anda sebenarnya dikirim ke server akamaihd terdekat. Server ini mengembalikan foto anda yang diminta nantinya jika anda pengen liat fotonya. Dan karena kemungkinan server terdekatnya, Anda akan mendapatkan foto yang diminta dengan jeda waktu minimum dengan loading cepet.

Info lebih lanjut
Tahun sebelumnya, Banyak orang menghadapi masalah di mana gambar di akun facebook mereka tidak dimuat. Saya tidak tahu apakah Anda sadar ini atau tidak, karena itu terjadi swkitar pada tahun 2011 waktu indonesia bener2 sudah ramai dgn favebook. Tapi ini mungkin terjadi karena facebook memblokir server akamaihd.net secara sementara, mungkin untuk tujuan perawatan atau untuk mendorong pembaruan baru.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH
Disqus Comments