Sabtu, 29 Juni 2019

Sitelink Adalah? Pengertian Dan Penjelasan Google Sitelink




Sitelink Adalah? jika anda mengetik kata sitelink di google pasti kata pertaa yang keluar dalam urutan pertama ialah "Sitelink Adalah", lalu sitelink itu sendiri apa? dan apakah manfaatnya sitelink bagi situs anda? Sitelink Adalah? Pengertian Dan Penjelasan Google Sitelink akan saya jelaskan di sini. Pernahkah sobat melihat sebuah link dibawah link utama saat sedang mencari situs web dengan mengetik kan nama situs web tersebut di mesin pencari Google. Seperti contoh jika sobat mengetik semawur.com di mesin pencari Google akan muncul seperti pada gambar di atas di postingan ini. Lalu apa Pengertian Dan Penjelasan Google Sitelink yang biasa kita lihat di situs-situs besar? Dan bagaimana cara membuat sitelink?

Nah, dari gambar di atas itulah yang dinamakan Google sitelinks, hal tersebut dapat membuat kunjungan organik sebuah situs bisa meningkat drastis. Tetapi jangan salah paham dulu, karena pengertian sitelinks tidak seperti itu. Mungkin bagi seorang yang sudah ahli dan profesional di dunia blogging nama sitelinks tidak asing lagi, namun bagi seorang yang baru bergabung di dunia blogging kata-kata sitelinks pasti terdengar aneh. Oleh karena itu, saya ingin membahas pengertian sitelinks, agar dapat menambah wawasan teman-teman semua.

Pengertian Google Sitelinks


Di kutip dan sudah di jelaskan dari situs raksasa Wikipedia bahwa sitelinks adalah hyperlink ke sub halaman situs web yang muncul di bawah daftar pencarian sebuah situs di Google dan tertentu untuk membantu pengguna menavigasi situs dan semakin menambah kepercayaan pengunjung jika sitelink terdapat dalam sebuah situs kita. Google sitelinks bertujuan untuk membantu pengguna dengan cara menampilkan beberapa halaman yang di cari yang dimaksudkan untuk memudahkan pencarian informasi hingga ke bagian sub-halaman sebuah situs.

Sitelinks bisa kita simpulkan bahwa itu merupakan sebuah kumpulan link yang terbagi atas dua kolom yang terdapat di bawah main page di hasil sebuah pencarian di mesin pencari Google. Main page yang dimaksud adalah judul sebuah situs beserta deskripsi dan link utamanya. Sementara sitelinks adalah halaman-halaman dengan deskripsi tertentu yang terbagi menjadi dua kolom yang terdapat dibawah main page itu sendiri.

Untuk anda blogger pemula seperti saya ini bisa kita test sitelink itu menggunkan blog kita senidiri, akan  tetapi biasanya sitelinnk akan muncul jika blog kita sudah memiliki navigasi komplite dan juga artikel lumayan banyak, sehingga sitelink akan sangat mudah kita temui di blog kita.

Fungsi Google Sitelinks

Pernahkan anda berfikir fungsi sitelink atau google sitelink itu apa? Fungsi sitelink dapat di bagi menjadi dua, yaitu fungsi untuk para admin blog dan untuk para pengguna blog. Sebagai admin blog sitelink dapat berfungsi untuk menaikkan visitor dan juga menandakan bahwa blog itu mempunyai kredibilitas atau kualitas yang baik di mesin pencari terutama Google. Sedangkan bagi pengguna atau pengunjung blog sitelink dapat berfungsi untuk mempermudah pengunjung untuk mencari informasi secara tepat atau sebagai jalan pintas pengunjung dan dapat menghemat waktu pengunjung.

Cara Mendapatkan Google Sitelinks


Google Sitelinks adalah sesuatu yang tidak bisa dibuat secara manual. Sehingga anda tidak perlu repot-repot membuatnya karena Google sendiri yang akan memberikannya secara otomatis terhadap blog di hasil pencarian dengan syarat situs anda sudah melengkapi navigasi, memiliki artikel dan teruma pasti sudah sumbit webmaster tools dan Google juga tidak memberitahukan kita bagaimana sitelinks dapat dibuat.

Namun tidak menutup kemungkinan jika sitelinks akan muncul setelah sobat melakukan beberapa riset berikut ini :

  • Menggunakan brand unik
  • Buatlah struktur blog yang baik dan jelas
  • Buatlah sitemap.xml dan masukkan di webmaster
  • Buatlah konten yang berkualitas dan penting untuk pengguna
  • Hubungkan artikel yang saling berkaitan di dalam blog Anda, selain related posts, Anda bisa menggunakan internal links hal ini yang juga penting untuk menurunkan bounce rate blog yang tinggi.
  • Sitelinks adalah salah satu hasil dari teknik SEO, dan pahami terlebih dahulu dasar-dasar SEO sebelum berjuang keras mendapatkannya.

Dari pengalaman saya, mendapatkan sitelink adalah sesuatu yang susah. Butuh waktu dan riset yang lama, namun secara tidak di sengaja awalnya saya mencari situs ini dengan kata kunci contoh semawur.com sitelink sudah muncul, namu saya coba lagi dengan kata kunci Semawur sitelink tidak muncul, Kenapa? Di karenakan nama semawur itu banyak, karena situs nama situs ini saya ambil dari nama Curug Semawur makan saat engetik nama semawur itu pasti nama air terjun itu terlebih dahulu yang muncul.

Bukan hanya itu saja alasan kenapa jika kita ketik Semawur saja sitelink tidak kita temui apalagi situs kita, di karenakan DA PA dan kualitas blog kita kurang tinggi.

Tetapi selang waktu satu minggu sitelink di kata kunci semawur.com muncul, nah itulah mengapa sitelink tidak dapat di buat secara manual dan tidak bisa ditentukan dengan waktu serta perlu riset yang membosankan untuk mendapatkannya. Itulah pengertian Google Sitelinks beserta fungsinya dan cara mendapatkannya.

Kesimpulan:

Tutorial ini hanya menjalaskan apa itu sitelink, pengertian sitelink dan fungsi sitelink. Bagi anda yang sebagai blogger baru jika ingin mendapatkan sitelink usahakan seperti yang saya katakan di atas yaitu konsen membuat artikel yang berkualitas sehingga harapan mendapatkan sitelink google itu sangat besar. Demikian artikel ini saya buat semoga bermanfaat.
Disqus Comments