Kamis, 01 Juni 2017

Cara memulai membuat Blog - Panduan pemula 2018



Sebelum membaca sampai ahir, ini adalah sedikit pengalaman saya juga, bagaimana saya belajar ngeblog dari tahun 2010, walau baru kali ini bener2 belajar ngetik artikel.
Jadi gini, Anda ingin memulai membuat sebuah blog ya? Ide yang hebat gan.!!
Banyak hal yang menarik di dunia blogging, saya jamin itu 100% menarik banget..
Tapi ... bagaimana anda mau memulai? Ada begitu banyak info di luar sana di dunia maya, dan semua orang juga memberitahumu untuk melakukan hal yang berbeda. Siapa yang ingin kamu dengarkan? Dan dari mana titik awalnya untuk memulai?

Setress??? Pasti kan?? kamu gak akan kuat, cukup aku ajjaahhh.. hahha
wkwkkwk, tahan...!!!!

Saya dulu (2011) seorang pemula blogging juga. Saya memiliki masalah yang sama. Saya memulai blog saya yang sudah kiamat ( theingsun.blogspot.com ) pada tahun 2011, dan saya tahu kurang banyak banget info tentang blogging karena sedikit malas.

Ahirnya saya mulai belajar, dan faktanya hanya seminggu saya milai paham yang sebelumnya saya tidak mengetahui apa itu blog dan harus dari mana aku buat itu blog, Perlahan aku tanya mbah google, pelan2 aku bisa membuat post di halaman, utak atik template beserta banyak belajar pasang widget yang malah memberatkan loading dan inilah kesalahan blogger pemula. haha

Tapi peelu anda tau, dari kesalahan itulah saya mulai paham, saya yakin anda juga bakal paham.

Sekarang saya tahu sesikit tentang blog, dan blog saya berjalan cukup baik, ada visitor lebih dari 1000 pengunjung unik dan original brooo selama 2 minggu sejak pembuatan blog ini, sampai saat Artikel ini saya tulis juga, entah itu visitor yang nyasar dari google, atau ada yang sengaja saya share di sosmed. yang ahirnya membuat saya menganggap saya seseorang yang dapat Anda contoh dan belajar dari ketika saya membangun blog, saya bukan semacam menggurui dalam membuat artikel ini , tapi saya benar-benar memgalami langkah yang pernah saya lalui dasar-dasarnya, jadi gak salah juga agar anda yang baru ingin belajar tau dari awalnya.

Sebenarnya langkah2nya Sangat sederhana , relatif mudah , dan pasti mudah dimengerti bagi anda yang belum biasa utak atik blog..

Untuk yang ingin membuat blog saya saranin aja baca di blog mas sugeng dgn alamat sugeng.id
karena blog itu benar2 membahas pengalaman blogging, gak kayak blog ane yang amburadul.

Luar binasa Broooeeyy, mari kita lanjutkan.

Mengapa Anda harus membuat blog dan bergabung dengan komunitas blogging??


Mulai daei bawah/awal? saya akan menjelaskan apa yang harus Anda lakukan untuk memulai dan membuat blog pribadi Anda sendiri . Sebelum kita menyelam ke postingan ini, saya benar-benar ingin berbicara MENGAPA Anda harus membangun sebuah blog.

Blogging dengan cepat menjadi salah satu cara paling populer untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi dan berita. Ada jutaan blog online (jangan khawatir, Anda dapat membuat blog Anda menonjol dan mendapat perhatian!).

Ini cara yang bagus untuk mengekspresikan diri dan juga cara fantastis untuk berbagi informasi dengan orang lain.

Anda dapat menjadi orang yang lebih baik dan penulis yang lebih baik dan hebat hanya dengan memulai dari sebuah blogging.

Alasan terbaik-Nya adalah?
Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukannya! (blogging)

Saya yakin Anda sudah tahu semua alasan pertama, tapi ini bagus untuk saya ingatkan, karena bukan blogger pemalas seperti saya yang bakal mendapatkan pundi2 rupiah atau dollar, akan tetapi anda yang giat menjadi penulis.


Cara Memulai ngeBlog dengan 5 Langkah:


Ada lima langkah utama yang perlu Anda lakukan untuk memulai membuat sebuah blog. Jika Anda mengikuti panduan ini dengan vermat Anda akan mengatur membuat blog Anda sendiri dalam 30 menit atau kurang.

1. Pilih platform blog yang bagus

2. Pilih Webhost untuk blog Anda (rumah)

3. Menyiapkan blog dengan domain Anda dan juga dgn niche yang tepat.

4. Rancanglah blog baru Anda dengan desain sesuai nama domain dan niche.

5. Sumber daya (visitor) yang berguna untuk blogging.

Jadi sudah paham kan? saya yakin dan sangat yakin lagi bahwa kita akan berhasil.
Mari gan kita ngomel2 dari langkah awal.

Langkah 1 - Pilih platform blogging yang Anda sukai.

Ane saranin pakai WP ajaahh.
Kenapa dan apa alasannya??

Memilihlah di mana Anda ingin membangun blog adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Saya akan mengambil contoh dan menganggap Anda tau tentang WordPress, dan ini adalah platform yang saya Sukai pake banget. Ini sangat besar penggunanya di selurih dunia.

Catatan: Saya memakai blogger.com karena masih belum konsen, dan masih banyak history malas nulis dan gak bisa nulis, sampai dulu itu domain dan hosting nganggur semua, makanya saya saat ini mulai belajar ngeblog lagi menggunakan blogger.com, Nanti kalau udah tenar (NGAKAK) kayak mas sugeng saya bakal migrasi dari blogger.com ke wordpress.org.

Next To Topick.

Wordpress Ini adalah salah satu platform blog terbesar di dunia, dengan plugin dan add-on yang tak terhitung jumlahnya dan hampir tak terbatas untuk membantu merancang dan mengatur desain serta keamanan blog Anda.

Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif WordPress Dan inilah blogger terbesar saat ino.


Wordpress.org
Namun ada alternatif lain, dan yang saya tulis di bawah:

Blogger.com - Hosted milik raksasa internet ini sekarang di indonesia sudah mulai berkembang, Pasti hal terbaik patut di coba untuk pemula yang ingin mulai belajar HTML.

Tumblr - Setengah jaringan sosial, setengah blog. Menarik, dan sangat mudah digunakan.

WordPress lebih besar (dan mungkin lebih baik) daripada keduanya, inilah alasan saya mengapa Anda harus menggunakan WordPress untuk cepat berkembang, dan yang benar2 ingin menggeluti dunia blogging.

1. Super mudah set-up dan mudah digunakan.

2. Banyak tema dan juga plugin gratis (saya tidak bercanda lho).

3. Ada forum dukungan besar jika Anda banyak pertanyaan (Anda tidak akan kekurangan ilmu, dan bamyak solosi jika Anda membutuhkannya).

4. Blog Anda akan sangat cepat terkenal dan juga akan terlihat Fungsionalitas dan bentuk sempurna!

5. Orang dapat berinteraksi dengan Anda dengan mudah. Konten Anda dapat dibagikan, dikomentari, dan sebagainya (tergantung kualitas isi postingan).

Sekarang , Langkah ke 2.

Langkah 2 - Self-hosting atau alternatif yang gratis? Ini adalah keputusan terbesar yang harus Anda buat sebelum anda melangkah lebih jauh. Anda harus memutuskan apakah akan membayar untuk blog anda atau mengambil yang gratis.

Kalau anda sudah benar2 ingin dan niat serta bener2 terjun ke dunia blogging dan berharap ingin mendapatkan uang (Pasti dapat asal tekun), Saya sarankan anda memilih selfhost.

WordPress, Tumblr, dan Blogger semuanya menawarkan blog gratis bagi siapa saja dan terutama bagi anda yang tidak serius tentang blogging (Seperti saya, hehehe).

----------------------------

Tapi dari yang gratis itu memang memiliki kelemahan :

1) Anda tidak akan mendapatkan nama domain tanpa subdomain.

Di blog gratis, alamat web blog Anda (URL Anda) akan menjadi jelek. benar-benar jelek (kayak punya ane masih blogcepot). Singkatnya, buat blog gratis dengan layanan gratis di atas dan blog anda akan terlihat seperti ini:

namakamu.wordpress.com
namakamu.blogspot.com
namakamu.tumblr.com

(Anak baru lahir juga tau, jangan di jelasin min admin) wkwkwk
Saya tahu, jelek kan kalau memakai sub domain?

2) Lebih banyak batasan

Ada beberapa batasan untuk membebaskan blog. Anda tidak dapat mengelola blog sepenuhnya sampai ke akar2nya, dan Anda tidak memiliki kemungkinan untuk mengunggah semua video dan gambar yang ingin ditampilkan kepada semua orang - semuanya amat sanagat terbatas. Lebih buruk lagi, Anda bahkan tidak akan memiliki akses ke tema gratis, cohtoh WordPress.com (khususnya).

3) Anda TIDAK MEMILIKI BLOG Anda sepenuhnya.

Yang ini kedengarannya mungkin sedikit konyol, tetapi saya yakin Anda tidak benar-benar memiliki blog Anda. Ini dihosting di web orang lain kita cuma numpang nulis artikel, dan nyata sangat nyata mereka dapat menghapusnya jika mereka menginginkan. Google dulu pernah melakukannya di blog terselubung.blogspot.com blog itu dulu amat sangat ramai membahas banyak kategori, blog itu di hapus oleh google entah dengan alasan apa, dan ahirnya admin blog tersebut pindah ke selfhost dan berdomain terselubungi.id.

Dan penghapusan blog gratis itu akan terus dilakukan sampai kapanpun oleh pemilik hosted jika mereka menginhinkannya. Yang berarti semua kerja keras kita atau Anda di blog Anda, mulai dari detik sampai berjam-jam menulis sebuah postingan blog mungkin lenyap dalam hitungan detik.

Sedih…
Galau...
Ngamuk? sama siapa?
wkwkkwkwk

Sangat berbeda dengan blog yang dihosting sendiri dengan nama domain Anda sendiri - Anda adalah pemilik REAL blog Anda. Anda akan dapat menamai blog Anda dengan apa yang Anda inginkan, misalnya "namamu.com" atau "namasamaranmu.com. Anda dapat mengakhirinya dengan .com, .co.id, .co.uk, .net, .org, atau hampir semua akhiran web lainnya.

Di bekali bandwidth yang tak terbatas untuk video, gambar dan konten plus tema gratis dan Anda memiliki kombinasi yang unggul, pokoknya ente full kontrol broooo... Ini kelebihan jika anda menyewa hosting sendiri.

Jadi berapa banyak harga hosting dan nama domain?
Tenaaangg.... tidak sebanyak yang Anda pikirkan kok untungnya.
Biasanya sekitar $ 5 hingga $ 10 per bulan, untuk yang unlimited, untuk yang sedang2 saja bisa juga hosting+domain hanya 20$ pertahun, semua tergantung pada penyedia hosting Anda..
Dari indo banyak kok penyedia webhost yang lumayan, bertebaran. Anda bisa cari di google.

Langkah 3 - Mulai blog di domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain khusus).

Platform blogging wordpress bagi anda yang ingin terus maju berdasarkan keniatan anda blogging anda yang mana anda nanti bakal kelola sepenuhnya, jadi saya sarankan pilih WordPress aja, dan jika Anda belum serius maka anda harus sangat serius, percuma sewa hosting kalau gak serius kayak aku dulu.

Jika Anda masih sedikit bingung dengan blog yang di-hosting sendiri, izinkan saya untuk menjelaskan dan sedikit mamandu agar Anda bisa menyiapkan sendiri.

Anda harus membuat nama domain yang Anda sukai dan juga memilih perusahaan hosting yang dapat menghosting blog Anda.

Domain: Domain pada dasarnya adalah URL situs web Anda. Contoh: google.com (Google.com adalah domain), Facebook.com (Facebook.com adalah domain), faceboouk.me juga adalah domain, sangat terlihat sederhana! Tapi itu sepenuhnya sangat luar biasa karna bener2 milik anda, ingat belinya yang full kontrol ya??

Hosting: Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang menempatkan situs web Anda di internet sehingga orang lain dapat melihatnya. Semuanya yang akan anda bagikan, ilmu yang akan anda tuangkan semua akan disimpan di sana, di Cpanel hosting yang anda sewa, Anggap saja sebagai hard-drive komputer di internet di mana blog Anda akan disimpan.

Secara pribadi, saya pernah menggunakan iPage (untuk domain dan hosting blog saya dulu di tahun 2012). Ini mungkin salah satu penyedia hosting termurah untuk spesifikasi yang sangat waaww, anda bisa melihatnya di web iPage, harganya sih kalau di bandingkan penyedia layanan hosting indonesia bisa di bilang mahal (kurang dari $ 2,50 per bulan) tapi untuk liar negeri itu sangat murah tau sendiri di luar sana duit nilainya berpa kan? Dan domain disana berharga sekitar $ 10-15 per tahun, tetapi dengan iPage mereka memberinya secara gratis :) karna dulu saya ikut kontes dan menang domain dari 20 orang termasuk saya..

iPage adalah penyedia yang pernah saya gunakan untuk blog saya, dan saya sangat puas..

Dan untuk kedua saya sarankan pakai di namecheap aja. atau jika agan ragu untuk memilih anda bisa memilih perusahaan hosting yang dipilih anda sendiri dari indonesia, banyak dan sangat bertebaran kok gan.

Sebagian besar, hosting ada instalasi WordPress "sekali klik" pada panel admin di hosting atau ada juga yang anda harus instal manual. Sekarang rata2 semua hosting menyediakan penginstal otomatis untuk WordPress blog Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar dengan iPage (atau penyedia pilihan Anda), pilih paket hosting Anda dan nama domain dan cari tombol install WordPress satu-klik di panel admin.

Hal-hal penting WordPress sering kali tidak anda diperlukan, tetapi saya akan merekomendasikan whois privacy (yang akan menjaga kerahasiaan semua data pribadi Anda) dan backup otomatis (ini akan menghemat situs web Anda untuk berjaga-jaga jika ada yang hilang, whois privacy menjaga sehingga Anda tidak akan kehilangan sedikit atau banyak data dari blog Anda).

Setelah WordPress diinstal di Cpanel hosting Anda, yang harus Anda lakukan untuk memulai blogging dengan cara pergi ke halaman WP-Admin Anda biasanya www.namakamu.com/wp-admin dan mulai menulis dengan menambahkan postingan baru.

Pada awalnya, tata letak terlihat membingungkan, tetapi itu sangat cepat dimengerti di pahami kok, Jangan khawatir anda pasti bisaaaa.. wkwkkw

Langkah 4 - Merancang blog WordPress Anda, dengan sedikit mumet sambil bersenang-senang.

Buatlah blog Anda terlihat persis seperti apa yang Anda inginkan. Untuk memilih tema baru, Anda dapat menuju ke Appearance> Themes dan menginstal tema WordPress gratis atau Anda dapat menuju ke situs web tema premium seperti ThemeForest.net dan membeli tema untuk cukup mahal kalau di rupiahkan, yaitu rata2 $40.

Dulu Saya biasanya memilih sesuatu yang terlihat profesional dan cukup mudah untuk disesuaikan. WordPress juga memiliki fitur luar biasa ini yang memungkinkan Anda untuk mengubah tema hanya dengan beberapa klik. Jadi jika Anda mulai bosan dengan template blog Anda saat ini, Anda dapat beralih ke yang lain tanpa kehilangan konten atau gambar yang berharga.

Ingat, desain blog Anda harus mencerminkan Anda dan kepribadian Anda, tetapi juga tentang apa isi dan tentang apa blog itu. Tidak ada gunanya memiliki tema yang berorientasi pada sepak bola jika blog Anda adalah tentang game ataupun film, paham to??

Tidak ada yang suka situs web jelek, dan mereka (Pengunjung) terutama membenci situs web yang loadingnya lama, tema tidak sesuai, dan kebanyakan iklan yang menghalangi teks postingan.

Langkah terakhir!


Langkah 5 - Visitor sebagai Sumber Daya kemajuan Untuk Blogger Pemula.


Mencarilah visitor atau pengunjung sebagai sumber daya blogging anda dengan berbagai cara seperti SEO, dan membagikan konten anda di media online dan sosial, karena adanya visitor anda alan sangat semangat dalam menekuni dunia blogging.

Lebih baik konsenlah dengan Seo، keyword, untuk postingan anda agar mendatangkan visitor dan membuat anda lebih maju agar semakin terdepan dan harapan berpenghasilan dari kerja keras anda.

Selamat menikmati postingan ini..
Disqus Comments